Tiongkok melihat ancaman asing menjadi pusat perhatian

Tiongkok melihat ancaman asing menjadi pusat perhatian. Tiongkok melihat ancaman asing ‘di mana-mana’ ketika agen mata-mata yang kuat menjadi pusat perhatian

Dalam sebuah video apik yang memperingati Hari Pendidikan Keamanan Nasional, agen mata-mata terkemuka Tiongkok mempunyai pesan tegas bagi masyarakat Tiongkok: mata-mata asing ada di mana-mana.

Saat musik yang tidak menyenangkan diputar, seorang pria berwajah lebar dan bermata sipit menyamar sebagai fotografer fesyen jalanan, teknisi laboratorium, pengusaha, dan sopir pengantar makanan – ia bahkan membuat jebakan madu online – untuk mengumpulkan rahasia negara yang sensitif di berbagai negara. tempat dan industri.

“Mereka ada di mana-mana, licik… dan licik, dan mereka mungkin ada di sini dalam hidup kita.”

Akhirnya, polisi Tiongkok menangkap mata-mata tersebut dalam penyergapan dramatis setelah otoritas keamanan negara menerima banyak informasi dari masyarakat.

“Mereka bisa menyamar menjadi siapa saja. Namun di antara banyak orang, Anda dan saya bersama-sama melindungi keamanan nasional,” narator menyimpulkan. “Kita, 1,4 miliar orang, adalah 1,4 miliar garis pertahanan.”

Video berdurasi tiga menit tersebut merupakan dorongan propaganda terbaru yang di lakukan oleh agen mata-mata sipil Tiongkok yang kuat, Kementerian Keamanan Negara (MSS), untuk secara mental mempersenjatai masyarakat Tiongkok terhadap apa yang mereka lihat sebagai ancaman spionase asing yang semakin meningkat.

Tiongkok melihat ancaman asing menjadi pusat perhatian

Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, pemimpin Tiongkok yang paling otoriter dalam beberapa dekade terakhir. Agen mata-mata Tiongkok yang terkenal sangat tertutup telah secara drastis meningkatkan profil publiknya dan memperluas kewenangannya.

Dari sebuah organisasi bayangan tanpa wajah publik yang jelas. SPM telah bertransformasi menjadi sosok yang sangat menonjol dalam kehidupan publik.

Di kota-kota di Tiongkok, poster dan slogan yang mempromosikan keamanan nasional kini menjadi pemandangan umum di trotoar, kereta bawah tanah, kampus, dan papan reklame. Di media sosial, kementerian ini memiliki banyak pengikut dengan komentar. Video pendek, atau bahkan komik yang hampir setiap hari memberikan peringatan tentang dugaan adanya ancaman terhadap negara.

Menurut MSS, mata-mata asing ada di mana-mana dan menyusup ke segala hal – mulai dari aplikasi pemetaan hingga stasiun cuaca. Kementerian juga telah memuat rincian tentang apa yang di klaimnya sebagai kegiatan spionase yang di lakukan oleh agen mata-mata Amerika dan Inggris. Dan merinci bagaimana warga negara Tiongkok yang belajar atau bekerja di luar negeri di duga di rekrut oleh CIA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *