Terjadi Gencatan senjata enam minggu diterima oleh Israel

Terjadi Gencatan senjata enam minggu diterima oleh Israel. Gencatan senjata enam minggu pada dasarnya di terima oleh Israel dan menunggu Hamas, kata pejabat AS
Israel “pada dasarnya telah menerima” proposal gencatan senjata enam minggu di Gaza, kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden kepada wartawan pada hari Sabtu. Fase kedua akan di laksanakan selama enam minggu tersebut “untuk membangun sesuatu yang lebih bertahan lama.”

Gencatan senjata selama enam minggu akan memungkinkan pembebasan sandera di Gaza yang di anggap paling rentan, termasuk perempuan, orang lanjut usia, dan korban luka, serta aliran bantuan ke wilayah pesisir yang terkepung.

Pejabat itu mengatakan ada “kerangka kesepakatan” yang “kurang lebih telah di terima” oleh Israel. Hal yang sulit, kata pejabat itu, adalah bahwa Hamas belum menyetujui “kategori sandera yang rentan.”

Para pejabat Amerika mengatakan pada hari Jumat bahwa perundingan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata untuk menghentikan pertempuran antara Hamas dan Israel di Gaza pada bulan Ramadhan – yang kini tinggal seminggu lagi – tampaknya berjalan sesuai rencana. Bahkan setelah lebih dari 100 warga Palestina terbunuh pada hari Kamis ketika mereka mencoba untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata. mengakses makanan di Kota Gaza.

Terjadi Gencatan senjata enam minggu di terima oleh Israel

Dan pada Jumat sore, Presiden Joe Biden menyerukan “gencatan senjata segera.”

Para pejabat Amerika mengatakan pada hari Jumat bahwa tidak ada indikasi bahwa perundingan tersebut telah tergelincir secara signifikan karena kematian di lokasi bantuan. Namun hal ini bergantung pada tanggapan Hamas terhadap apa yang telah di bahas di Paris dan Doha, Qatar. Dalam seminggu terakhir. Qatar, Mesir. Israel dan Amerika telah terlibat dalam pembicaraan tersebut. Namun pada hari Kamis, seorang pejabat Hamas memperingatkan bahwa negosiasi tersebut dapat terpengaruh.

Ketika upaya internasional untuk menengahi gencatan senjata terus berlanjut, pembicaraan lebih lanjut di rencanakan di Kairo, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut pada hari Sabtu. Para perunding dari AS, Israel, Mesir dan Hamas di perkirakan akan hadir. Kata sumber diplomatik yang mengetahui diskusi tersebut. Tidak jelas apakah Qatar akan hadir.

Diskusi antara Israel dan Hamas akan di lakukan secara tidak langsung, di ruang terpisah. Israel telah meminta Hamas untuk memberikan daftar para sandera. Termasuk siapa yang masih hidup dan siapa yang sudah mati. Hamas masih belum menanggapi pertemuan Paris minggu lalu. Yang di ikuti minggu ini dengan pertemuan teknis di ibu kota Qatar, Doha dengan tim dari AS. Mesir, Qatar dan Israel.

Juga pada hari Sabtu. Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Wakil Presiden Kamala Harris akan bertemu hari Senin dengan anggota kabinet perang Israel Benny Gantz di tengah desakan AS untuk gencatan senjata sementara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *