Info Astronomi sangat sulit untuk mendarat di bulan

Info Astronomi sangat sulit untuk mendarat di bulan. Mengapa sangat sulit untuk mendarat di bulan, bahkan lima dekade setelah Apollo

Ratusan ribu mil di luar Bumi, sebuah pesawat ruang angkasa seukuran bilik telepon sedang dalam perjalanan untuk menghadapi tantangan yang belum pernah dilakukan oleh kendaraan yang diluncurkan dari Amerika Serikat selama lebih dari 50 tahun.

Pendarat bulan yang disebut Odysseus atau IM-1, dibuat oleh perusahaan Intuitive Machines yang berbasis di Houston, meluncur menuju bulan. Robot penjelajah ini bersiap menghadapi momen ketidakpastian yang menakutkan saat ia berupaya memperlambat kecepatannya sekitar 4.026 mil per jam (1.800 meter per detik) agar dapat mendarat dengan lembut di permukaan bulan. Pesawat ruang angkasa itu berada di jalur untuk mendarat di dekat kutub selatan bulan pada pukul 16:24. ET Kamis, yang naik dari proyeksi sebelumnya pada pukul 17:30. DAN.

Liputan peristiwa bersejarah tersebut di perkirakan akan di siarkan langsung di NASA TV mulai pukul 3 sore. DAN.

Kesuksesan tidak di jamin. Jika gagal, Odysseus akan menjadi pendarat bulan ketiga yang menemui ajalnya di bulan dalam waktu kurang dari setahun. Misi pendarat bulan pertama Rusia dalam 47 tahun, Luna 25, gagal pada Agustus 2023 ketika mendarat darurat. Hakuto-R, sebuah pendarat yang di kembangkan oleh perusahaan Ispace yang berbasis di Jepang, mengalami nasib serupa pada April lalu.

Secara keseluruhan, lebih dari separuh upaya pendaratan di bulan berakhir dengan kegagalan – sebuah peluang besar bagi pencapaian yang pertama kali di lakukan umat manusia hampir 60 tahun yang lalu.

Luna 9 milik Uni Soviet menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang melakukan pendaratan terkendali, atau “lunak”, pada bulan Februari 1966. Amerika Serikat segera menyusul ketika pesawat ruang angkasa robotik Surveyor 1 mereka mendarat di permukaan bulan hanya empat bulan kemudian.

Info Astronomi sangat sulit untuk mendarat di bulan

Sejak saat itu, hanya tiga negara lain – Tiongkok, India, dan Jepang – yang telah mencapai pencapaian tersebut. Ketiganya mencapai bulan dengan kendaraan robot untuk pertama kalinya pada abad ke-21. India dan Jepang masing-masing mencapai prestasi luar biasa ini hanya dalam enam bulan terakhir, jauh setelah perlombaan luar angkasa AS-Soviet mereda. AS tetap menjadi satu-satunya negara yang pernah mengirim manusia ke permukaan bulan, terakhir pada tahun 1972 dengan misi Apollo 17.

Namun pemerintah AS bahkan belum pernah melakukan pendaratan lunak – dengan atau tanpa astronot – sejak saat itu. Perusahaan luar angkasa swasta Astrobotic Technology berharap pendarat bulan Peregrine miliknya akan membuat sejarah setelah peluncurannya pada bulan Januari baru-baru ini, namun perusahaan tersebut membatalkan upaya pendaratan tersebut hanya beberapa jam setelah lepas landas karena kebocoran bahan bakar kritis dan menyebabkan pesawat ruang angkasa tersebut kembali terbakar di atmosfer bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *