Berita Pemeriksaan fakta: Trump membuat klaim palsu

Berita Pemeriksaan fakta: Trump membuat klaim palsu dan tanpa bukti di gedung pengadilan Manhattan. Pemeriksaan fakta: Trump membuat klaim palsu dan tanpa bukti di gedung pengadilan Manhattan

Mantan Presiden Donald Trump. Yang sekarang menjadi kandidat utama nominasi presiden dari Partai Republik, membuat klaim palsu dan tanpa bukti kepada wartawan pada hari Kamis sebelum dan sesudah dia menghadiri sidang di pengadilan Manhattan dalam kasus pidana uang tutup mulut terhadapnya.

Berikut adalah pengecekan fakta dari beberapa pernyataan Trump.

Kehadiran Trump di pengadilan dan jadwal kampanye
Sebelum memasuki ruang sidang. Trump mengklaim bahwa kasus uang tutup mulut yang menjeratnya adalah “campur tangan pemilu.” Dia juga berpendapat bahwa hal itu benar-benar mengganggu kemampuannya untuk berkampanye di Carolina Selatan menjelang pemilihan pendahuluan presiden Partai Republik pada tanggal 24 Februari di sana.

“Bagaimana Anda bisa mencalonkan diri dalam pemilu dan duduk di gedung pengadilan di Manhattan sepanjang hari? Saya seharusnya berada di Carolina Selatan saat ini, di mana orang lain berada, dan di mana lagi – di sinilah saya seharusnya berada. Saya tidak seharusnya berada di gedung pengadilan,” kata Trump.

Trump bahkan lebih eksplisit dalam komentarnya setelah meninggalkan ruang sidang pada pagi hari, dengan mengatakan, “Jadi, alih-alih berkampanye di Carolina Selatan dan negara bagian lain, saya terjebak di sini.”

Berita Pemeriksaan fakta: Trump membuat klaim palsu

Berita Pemeriksaan fakta: Trump membuat klaim palsu dan tanpa bukti di gedung pengadilan Manhattan

Fakta Pertama: Trump tidak “terjebak” di gedung pengadilan di New York pada hari Kamis. Faktanya. Ia tidak diharuskan menghadiri sidang apa pun. Karena Hakim Juan Merchan telah mengesampingkan kehadirannya di praperadilan dalam kasus uang tutup mulut. Sebaliknya. Trump secara sukarela memilih untuk hadir dalam sidang tersebut setelah mempertimbangkan untuk menghadiri sidang hari Kamis di Georgia terkait dengan dakwaan yang ia hadapi di sana. Dan dia tidak dijadwalkan berada di Carolina Selatan pada hari Kamis bahkan sebelum dia membuat keputusan untuk menghadiri sidang di New York; jadwal penampilan kampanye berikutnya di negara bagian itu adalah minggu depan. Rapat umum berikutnya setelah sidang hari Kamis adalah acara hari Sabtu di Michigan.

Trump tidak berencana terbang ke Carolina Selatan setelah sidang di New York. Dia berencana untuk terbang kembali ke Florida. Tempat tinggalnya.

Meskipun ia hanya muncul sesekali di sidang pengadilan. Trump hanya menghabiskan sedikit waktu berkampanye di Carolina Selatan sejauh ini pada kampanye tahun 2024. Dua aksi unjuk rasa yang di lakukannya di negara bagian tersebut dalam seminggu terakhir adalah yang pertama di sana pada tahun 2024.

Biden dan kasus uang tutup mulut
Sebelum memasuki ruang sidang. Trump mengklaim bahwa Gedung Putih pada masa pemerintahan Presiden Joe Biden menjalankan kasus uang tutup mulut yang di ajukan terhadapnya oleh Jaksa Wilayah Manhattan. Alvin Bragg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *