Kabar Perang AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap Houthi yang didukung Iran di Yaman

Kabar Perang AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap Houthi yang di dukung Iran di Yaman. AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap Houthi yang di dukung Iran di Yaman

Militer AS dan Inggris melancarkan serangan terhadap beberapa sasaran Houthi di wilayah Yaman yang di kuasai Houthi pada hari Kamis, kata seorang pejabat AS dan Inggris kepada CNN.

Serangan tersebut berasal dari jet tempur dan rudal Tomahawk. Lebih dari selusin target Houthi di hantam oleh rudal yang di tembakkan dari udara, permukaan. Dan sub-platform dan di pilih karena kemampuan mereka untuk melemahkan serangan berkelanjutan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah, kata seorang pejabat AS kepada CNN.

Tempat-tempat tersebut termasuk sistem radar, tempat penyimpanan dan peluncuran drone. Tempat penyimpanan dan peluncuran rudal balistik. Serta tempat penyimpanan dan peluncuran rudal jelajah.

Kabar Perang Serangan tersebut menandai respons yang signifikan setelah pemerintahan Biden dan sekutunya memperingatkan bahwa kelompok militan yang di dukung Iran akan menanggung konsekuensi dari serangan pesawat tak berawak dan rudal yang berulang kali terhadap kapal komersial di Laut Merah.

Serangan ini merupakan tanda meningkatnya kekhawatiran internasional atas ancaman terhadap salah satu saluran air paling penting di dunia tersebut. Selama berminggu-minggu, AS berusaha menghindari serangan langsung ke Yaman karena risiko eskalasi ketegangan di wilayah tersebut, namun serangan Houthi yang sedang berlangsung terhadap pelayaran internasional memaksa koalisi tersebut untuk bertindak.

Pejabat senior pemerintahan memberi pengarahan kepada pimpinan kongres pada Kamis pagi mengenai rencana AS. menurut sumber di kongres. Blinken juga mengatakan dia tidak yakin perang di Gaza akan meningkat menjadi konflik regional. Meskipun dia memperingatkan “banyak titik bahaya.”

Kabar Perang AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap Houthi yang didukung Iran di Yaman

Kabar Perang AS dan Inggris melancarkan serangan udara terhadap Houthi yang didukung Iran di Yaman

Serangan itu terjadi ketika Menteri Pertahanan Lloyd Austin masih dirawat di rumah sakit menyusul komplikasi dari operasi kanker prostat.

Meskipun AS telah melakukan serangan terhadap proksi Iran di Irak dan Suriah sejak pecahnya perang di Gaza, serangan ini merupakan serangan pertama terhadap kelompok Houthi di Yaman. Peristiwa ini terjadi pada saat terjadi ketegangan besar di Timur Tengah ketika Amerika berupaya memastikan perang di Gaza tidak meluas ke wilayah yang lebih luas. Pemerintahan Biden telah berhati-hati dalam menyerang kelompok Houthi. Karena khawatir hal itu dapat mengganggu gencatan senjata yang rapuh antara kelompok militan tersebut dan Arab Saudi yang di capai setelah perang bertahun-tahun.

Namun Gedung Putih telah memperjelas bahwa serangan berulang-ulang Houthi terhadap jalur pelayaran internasional di Laut Merah bagian selatan tidak dapat di toleransi. Serangan tersebut telah memaksa beberapa perusahaan pelayaran terbesar di dunia untuk menghindari jalur perairan tersebut, dan malah menambah ribuan mil jalur pelayaran internasional dengan berlayar mengelilingi benua Afrika.

Beberapa jam sebelum serangan pada hari Kamis. juru bicara Pentagon Mayjen Pat Ryder mengatakan Iran. “Memiliki peran” dalam membuat Houthi menghentikan “aktivitas mereka yang sembrono, berbahaya, dan ilegal.” Jika tidak, katanya, “akan ada konsekuensinya.”

Dalam pidatonya pada hari Kamis, pemimpin Houthi Abdul Malek Al-Houthi mengatakan bahwa setiap serangan AS terhadap Yaman “tidak akan. Di biarkan begitu saja,” dan secara samar-samar memperingatkan bahwa responsnya akan

AS memperingatkan ‘konsekuensinya’
Pada hari Kamis. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan saat melakukan perjalanan di wilayah tersebut bahwa “jika hal ini tidak di hentikan. Akan ada konsekuensinya. Dan sayangnya, hal itu belum berhenti.”

Blinken juga mengatakan dia tidak yakin perang di Gaza akan meningkat menjadi konflik regional. Meskipun dia memperingatkan “banyak titik bahaya.” Saat berada di wilayah tersebut. Blinken mengunjungi Bahrain. Rumah bagi Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima Angkatan Laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *