Kecelakaan Pesawat : Opini: Pandangan awal seorang pilot mengenai tabrakan di landasan pacu bandara Tokyo

Kecelakaan Pesawat : Opini: Pandangan awal seorang pilot mengenai tabrakan di landasan pacu bandara Tokyo. Opini: Pandangan awal seorang pilot mengenai tabrakan di landasan pacu bandara Tokyo

Tabrakan api antara pesawat Airbus 350-900 Japan Airlines dan pesawat penjaga pantai Jepang di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo adalah bencana yang bisa saja menjadi tragedi yang jauh lebih besar.
Seluruh 379 orang pada Penerbangan JAL 516 hari Selasa telah di evakuasi dengan selamat. Sayangnya, lima awak kapal De Havilland Canada DHC-8 milik penjaga pantai tewas. Kapten pesawat itu berada dalam kondisi kritis, menurut lembaga penyiaran publik NHK.

Kecelakaan Pesawat Sisi positifnya, penghargaan di berikan kepada kokpit dan awak kabin di pesawat JAL. Ini adalah pelatihan buku teks bagi pramugari untuk bersiap menghadapi kemungkinan evakuasi pada setiap lepas landas dan mendarat. Mereka di picu untuk melompat dari kursi lompat mereka dan segera menentukan jalan keluar yang aman bagi penumpang untuk melarikan diri. Itu sebabnya pramugari ingin penumpang mematikan ponsel dan komputer mereka saat lepas landas dan mendarat, sehingga mereka sadar akan situasi jika terjadi keadaan yang tidak terduga.

Kecelakaan Pesawat : Opini: Pandangan awal seorang pilot mengenai tabrakan di landasan pacu bandara Tokyo

Kebakaran dapat membuat pintu atau jendela darurat tertentu tidak dapat di gunakan. Jelas sekali bahwa pramugari memilih jalan keluar yang benar untuk mengevakuasi A-350 karena semua orang selamat. Tampaknya para pilot melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan daftar evakuasi mereka, termasuk mematikan bahan bakar ke mesin.
Bagaimana kecelakaan ini bisa terjadi? Kami tidak akan tahu pasti sampai penyelidikan selesai. Meskipun saat ini masih berupa spekulasi, kecelakaan ini mengingatkan saya pada kejadian serupa yang terjadi pada tahun 1991 di Bandara Internasional Los Angeles. Sebuah Boeing 737-300 USAir bertabrakan di landasan dengan pesawat komuter SkyWest, turboprop Swearingen Metroliner, menewaskan lebih dari 30 orang.

Kecelakaan Pesawat : Opini: Pandangan awal seorang pilot mengenai tabrakan di landasan pacu bandara Tokyo

Itu adalah hari yang sibuk di bandara Los Angeles. Pergerakan permukaan pesawat di landasan pacu dan taxiway menjadi cukup rumit sehingga pengawas lalu lintas udara lupa akan fakta bahwa Metroliner masih berada di posisinya di landasan untuk mengantisipasi lepas landas. Sementara itu, pengontrol telah mengizinkan B-737 untuk mendarat di landasan yang sama.

Saat mendarat dalam kegelapan, awak USAir tidak dapat melihat siluet atau lampu navigasi pesawat kecil SkyWest yang berada di persimpangan landasan. B-737 bertabrakan dengan Metroliner segera setelah mendarat.
Kecelakaan ini menjadi katalisator bagi serangkaian perubahan prosedural dan teknologi. Salah satu contoh perubahan tersebut adalah dengan melarang pengontrol untuk mengarahkan pesawat ke landasan pacu untuk lepas landas pada malam hari atau saat cuaca dengan jarak pandang rendah.

Meski kecelakaan Los Angeles terjadi di Amerika Serikat, sebagian besar dunia penerbangan menaruh perhatian. Pilot menjadi sangat sensitif untuk tetap berada di landasan aktif menunggu izin lepas landas lebih dari satu menit. Dan pengawas menjadi sangat sensitif terhadap prosedur yang melibatkan izin pesawat untuk mendarat dengan pesawat di landasan yang sama menunggu lepas landas.

Bandara Haneda adalah salah satu bandara tersibuk di dunia dengan obrolan radio tanpa henti. Dan mungkin saja pesan pengontrol lalu lintas di salahpahami dan salah satu pesawat berada di tempat yang salah. Biasanya. Izin di bacakan kembali dan di ketahui oleh pilot. Namun pada saat transmisi sibuk mungkin tidak ada kesempatan untuk segera memberikan umpan balik. Terkadang transmisi terhalang oleh pesawat lain pada saat kritis. ehingga penting bagi pilot dan pengendali untuk waspada terhadap situasi tersebut. Hanya satu transmisi yang dapat terjadi dalam satu waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *